Home » » Aura Penguasa Semesta di Candi Jagannath

Aura Penguasa Semesta di Candi Jagannath

Home > Kabar Berita > Wisata > Aura Penguasa Semesta di Candi Jagannath

en.wikipedia.org

Aura Penguasa Semesta di Candi Jagannath

BAGI pemeluk agama Hindu, julukan Jagannath merujuk pada sosok Dewa Krishna. Untuk menghormati Dewa Krishna, sebuah kota tepi laut Puri di Orissa, India, membuat candi pemujaannya. Ini merupakan tujuan ziarah populer untuk tradisi Hindu, khususnya penyembah Dewa Krishna dan Wisnu.

Meski tidak menganut kepercayaan Hindu, Anda bisa berkunjung ke Candi Jagannath dan merasakan sisi religius serta aura penguasa semesta. Atau mengagumi bentuk bangunannya yang berundak-undak membentuk segitiga.

Nama Jagannath yang mempunyai arti Penguasa Alam Semesta merupakan perpaduan dari kata Sanskrit yaitu Jagat (alam semesta) dan Nath (raja dari). Sesuai julukannya, candi ini memuat nuansa kegagahan sebagai penguasa alam semesta yang tercermin pada tiga bangunan candi utamanya.

Kompleks candi besar ini mencakup wilayah seluas lebih 37.000 meter persegi, dan dikelilingi oleh tembok benteng yang tinggi. Di dalam kompleks kuil setidaknya terdapat 120 candi dan kuil. Dengan kekayaan patung dan gaya arsitektur candi Orissan, ini adalah salah satu monumen yang paling megah di India.

Candi utama di kompleks ini adalah candi lengkung yang mempunyai mahkota 'srichakra' (roda delapan jari-jari) dari Wisnu. Menara candi ini dibangun di atas panggung batu dengan ketinggian 65 meter. Candi utama tertutup tembok dengan ketinggian 6,1 meter.

Untuk memasuki kompleks Candi Jagannath, ada empat pintu masuk dengan pintu utamanya bernama Singahdwara atau Pintu Singa. Nama Singahdwara juga diambil karena di depan pintu masuk terdapat dua patung singa. Pintu masuk utama ini menghadap Bada Danda atau Jalan Besar.

Bila beruntung, saat datang ke Candi ini Anda bisa menyaksikan Rath Yatra atau Festival Chariot. Ini adalah festival yang membawa iring-iringan replika boneka dewa-dewa Hindu. Festival ini biasanya diadakan lebih dari 25 hari antara bulan Maret dan April.

Kunjungan ke Candi Jagannath sendiri merupakan salah satu bagian tur yang ditawarkan operator wisata India salah satunya www.pilgrimage-india.com. Atau Anda bisa berkunjung seorang diri dengan ditemani pemandu.(*/X-12)

Berita Asal Baca di Sumber
http://www.mediaindonesia.com/mediatravelista/index.php/read/2010/11/19/1698/2/Aura-Penguasa-Semesta-di-Candi-Jagannath
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Paket Tour Wisata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger