Home » » "Maiko", Gadis Penari Itu...

"Maiko", Gadis Penari Itu...

Home > Kabar Berita > Wisata "Maiko", Gadis Penari Itu...

Salah satu bagian hidangan utsusemi di Ganko Takasegawa Nijyoen.

"Maiko", Gadis Penari Itu...

KOMPAS.com - Kami bersantap ditemani maiko. Maiko adalah calon geiko atau seniman perempuan yang mengabdikan hidupnya untuk kebudayaan Jepang dengan hidup melajang. Adapun geiko adalah sebutan khas untuk para perempuan pengabdi kebudayaan asal Kyoto. Di luar Kyoto, mereka disebut dengan geisha.

Maiko berdandan dengan pakaian tradisional Jepang dengan tata rias wajah dominan warna putih dan pemerah bibir. Maiko sengaja didatangkan pemilik restoran untuk menari di hadapan para tamu yang hendak makan malam. Maiko yang tampil menari saat itu bernama Fukuzu Zusudosu. Usianya masih 18 tahun.

Selain di mimbar utama yang ada di dekat pintu masuk restoran, maiko juga bisa menari di ruang yang lebih kecil khusus untuk satu rombongan yang sudah memesan terlebih dahulu. Kami enam orang rombongan dari Indonesia mendapatkan kesempatan menikmati tarian maiko lainnya, Fukusato, di lantai dua restoran. Usianya juga 18 tahun.

Maiko di Ganko Takasegawa Nijyoen sebetulnya bisa juga memainkan alat musik Jepang atau bertutur cerita rakyat, tetapi karena waktu makan malam sudah tiba, Fukusato hanya menari tarian kunang-kunang. Tarian ini mengisahkan keindahan pedesaan Jepang pada malam hari karena datangnya kunang-kunang. Selesai menari, Fukusato bersedia menemani kami mengobrol saat kami bersantap. Ia bercerita mengenai cita-citanya menjadi maiko.

Perempuan muda asal pinggiran Kyoto itu menolak ketika ditawari untuk minum sake, minuman khas Jepang yang menjadi salah satu sajian di Ganko Takasegawa Nijyoen. Rupanya, dia menjaga betul tenggorokannya dari minuman beralkhohol agar suaranya tetap indah jika suatu saat diminta menyanyi oleh tamu.

Pramusaji di Ganko Takasegawa Nijyoen, Ayako Yamawodi, menuturkan, para maiko memang sengaja didatangkan untuk menghadirkan citra Jepang yang klasik di restoran.

Jumlahnya Maiko di Kyoto, hanya sekitar 20 perempuan. Keramahan maiko menambah nikmatnya hidangan dan indahnya panorama senja di pinggir sungai Kamogawa. Ah.... (AHA)

Sumber : http://travel.kompas.com/
--------------------------------
Kami Travel Agent melayani Tiket Pesawat, Voucher Hotel, Paket Tour, Paket Umroh, Asuransi Perjalanan dan Dokument Travel.
--------------------------------
Untuk Informasi Penerbangan Domestik : Airasia, Batavia Air, Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, Mandala Air, Merpati Nusantara Airlines dan Sriwijaya Air. Hubungi Operator kami, klik Link ini untuk Konsultasi dengan Operator Kami.
--------------------------------
Cari Informasi Reservasi ( Klik Link ) Tiket Pesawat, Tiket Pesawat Termurah, Tiket Pesawat Online, Harga Tiket Pesawat, Booking Tiket Pesawat, Jadwal Penerbangan, Pemesanan Tiket, Pembelian Tiket, Rute Penerbangan, Tipe Pesawat, Bandara dan Maskapai Penerbangan.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Paket Tour Wisata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger