Home » » Nasi Jamblang Berlauk Blakutak, Apa Itu?

Nasi Jamblang Berlauk Blakutak, Apa Itu?

Home > Kabar Berita > Wisata Nasi Jamblang Berlauk Blakutak, Apa Itu?

tribun jabar
nasi jamblang

Nasi Jamblang Berlauk Blakutak, Apa Itu?

KOMPAS.com - Nama Sega Jamblang untuk nasi putih terbungkus daun jati dengan seabrek lauk-pauknya, berasal dari nama daerah di sebelah barat Kota Cirebon. Daerah tersebut bernama Jamblang (kini Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon), tempat asal pedagang makanan khas ini.


Awalnya Sega Jamblang ini dibuat untuk para pekerja paksa di zaman Belanda. Ketika itu, para pekerja sedang membangun jalan raya Daendels dari Anyer ke Panarukan yang melewati wilayah Kabupaten Cirebon, tepatnya di Desa Kasugengan.

Sega Jamblang saat itu sengaja dibungkus dengan daun jati. Sebab jika dibungkus dengan daun pisang dikhawatirkan akan kurang tahan lama. Sementara dengan daun jati bisa tahan lama dan tetap terasa pulen. Hal ini karena daun jati memiliki pori-pori yang membantu nasi tetap terjaga kualitasnya meskipun disimpan dalam waktu lama.

Saat ini sega jamblang biasa dijajakan prasmanan. Setiap pembeli bebas mengambil nasi yang sudah terbungkus daun jati berikut lauk-pauknya yang ditaruh di baskom.

Nasi yang terbungkus daun jati itu berukuran satu genggaman tangan orang dewasa. Sementara lauk-pauk yang ditawarkan beragam, ada sambal goreng ati, sate kentang, ikan asin, tahu sayur, paru, semur hati, semur daging, perkedel, telur dadar, telur masak sambal goreng, tahu dan tempe goreng, serta blakutak.

Blakutak ini merupakan makhluk laut seperti cumi-cumi, namun dimasak bersama tintanya. Tak heran jika saat disantap, tinta hitamnya akan menempel di bibir dan lidah. Namun jangan salah, rasa blakutak ini benar-benar mak nyus.

Lauk-pauk yang ditawarkan berjumlah cukup banyak. Di warung Mang Dul misalnya, mencapai 20 macam. Sementara di warung Bu Marni ada belasan macam lauk-pauk yang bisa dipilih. Setiap lauk berbeda harga, mulai dari Rp 600 hingga Rp 6.000 per potong.

Sumber : http://travel.kompas.com/
--------------------------------
Kami Travel Agent melayani Tiket Pesawat, Voucher Hotel, Paket Tour, Paket Umroh, Asuransi Perjalanan dan Dokument Travel.
--------------------------------
Untuk Informasi Penerbangan Domestik : Airasia, Batavia Air, Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, Mandala Air, Merpati Nusantara Airlines dan Sriwijaya Air. Hubungi Operator kami, klik Link ini untuk Konsultasi dengan Operator Kami.
--------------------------------
Cari Informasi Reservasi ( Klik Link ) Tiket Pesawat, Tiket Pesawat Termurah, Tiket Pesawat Online, Harga Tiket Pesawat, Booking Tiket Pesawat, Jadwal Penerbangan, Pemesanan Tiket, Pembelian Tiket, Rute Penerbangan, Tipe Pesawat, Bandara dan Maskapai Penerbangan.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Paket Tour Wisata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger