Home » » Maskapai Ramai-ramai Tambah Frekuensi Penerbangan ke Bandung

Maskapai Ramai-ramai Tambah Frekuensi Penerbangan ke Bandung

Home > Tiket Pesawat > Berita Penerbangan > Maskapai Ramai-ramai Tambah Frekuensi Penerbangan ke Bandung

MI/Rommy Pujianto/ip

Jakarta - Para pelancong dipastikan akan banyak berdatangan ke Bandung pasca perluasan Bandara Husein Sastranegara, Bandung yang dimulai tahun ini. Saat ini sudah banyak maskapai penerbangan yang berencana menambah frekuensi dan membuka rute penerbangan baru ke Bandung

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S. Sunoko mengatakan sejumlah maskapai secara terbuka telah menyampaikan minat untuk menambah atau membuka rute penerbangan baru, baik domestik maupun rute internasional dengan menggunakan pesawat A-320. Salah satu maskapai yang memastikan akan menambah frekuensi maupun rute baru dari dan menuju Bandung adalah Indonesia AirAsia.

”Meningkatnya minat maskapai, tak terlepas dari peran aktif pemerintah daerah dalam meyakinkan operator penerbangan, bahwa Jawa Barat memiliki potensi yang sangat besar untuk disinggahi baik oleh para pelaku bisnis maupun wisatawan,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima detikFinance, Selasa (5/4/2011)

AP II selaku pengelola Bandara Husein Sastranegara, akan memulai pelaksanaan proses pengembangan tahap I bangunan terminal penumpang Bandara Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat pada November 2011.

Ia mengatakan untuk pengembangan bangunan terminal yang akan dilakukan secara bertahap hingga 2013 tersebut, dialokasikan anggaran total sebesar Rp 84 miliar. Sementara untuk proses penebalan runway yang memiliki panjang 2.250 x 45 meter, alokasi biaya yang disiapkan manajemen sebesar Rp 45 miliar.

Sunoko menambahkan upaya perluasan terminal ini untuk meningkatkan kapasitas dalam mengantisipasi lonjakan pertumbuhan penumpang yang diperkirakan akan terjadi pasca penebalan landasan pacu (overlay).

”Kami menghitung, potensi pertumbuhan traffic di Bandara Husein Sastranegara pasca proses overlay ini akan meningkat hingga 70%," katanya.

Pengerjaan tahap pertama direcanakan akan dilakukan mulai November 2011, dilanjutkan Tahap II pada 2012, dan Tahap III pada 2013. Pihak AP II tengah menyelesaikan proses penyelesaian detail engineering design (DED).

Ia menuturkan proses overlay sudah memasuki tahap finalisasi. Rencananya pada awal Mei 2011 nanti bisa selesai.

Pihak AP II juga melakukan overlay taxiway C dan D dengan ketebalan rata-rata 10 sentimeter, serta melakukan pelebaran taxiway C dari 16 meter menjadi 24 meter. Kemudian pada wilayah apron, overlay yang kami lakukan dengan menambah ketebalan rata-rata 10 sentimeter, serta pembetonan parking stand pesawat seluas 75 x 130 meter.

Dengan penebalan-penebalan di area airside tersebut, Bandara Husein Sastranegara ke depan akan mampu didarati oleh pesawat-pesawat berbadan besar sekelas Airbus A-320. Sejauh ini, pesawat terbesar yang dioperasikan digunakan oleh enam maskapai yang beroperasi melayani penerbangan dari dan menuju Kota Bandung menggunakan pesawat jenis Boeing 737-300/400.

Saat ini Bandara Husein Sastranegara memiliki terminal seluas 5.051 m2 dengan kapasitas sebesar 0,35 juta penumpang. Proses pengembangan yang akan dilakukan adalah menambah luas terminal menjadi 8.650 m2 yang sedianya mampu menampung hingga 1 juta penumpang.

Pada 2010, jumlah pergerakan penumpang datang dan pergi mencapai 755.576 pergerakan yang dilayani enam maskapai, yaitu Indonesia AirAsia, Malaysia Airlines, Merpati Airlines, Wings Air, Sriwijaya Air, dan Susi Air. Sementara jumlah rata-rata penumpang yang diangkut keenam maskapai tersebut per hari, sebanyak 2.098 penumpang.

"Pada 2011 ini, pergerakannya meningkat hingga 2.500 pergerakan penumpang per hari. Atas dasar itu, pengembangan terminal adalah pekerjaan yang tidak bisa ditunda-tunda lagi, untuk mengantisipasi lack of capacity yang semakin besar," katanya.

(hen/dnl)

Berita Asal Baca di :
http://www.detikfinance.com/read/2011/04/05/125448/1608878/4/maskapai-ramai-ramai-tambah-frekuensi-penerbangan-ke-bandung
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Paket Tour Wisata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger