Home » » Ayo Singgah di Candi Putih Wat Rong Khun

Ayo Singgah di Candi Putih Wat Rong Khun

Home > Kabar Berita > Wisata Ayo Singgah di Candi Putih Wat Rong Khun

Wat Rong Khun -- en.wikipedia.org

Ayo Singgah di Candi Putih Wat Rong Khun

MESKIPUN Thailand sedang bergejolak, namun bila suatu saat Anda berlibur ke sini jangan lewatkan berkunjung ke Wat Rong Khun, sebuah candi Buddha dan Hindu yang berbeda dengan candi lainnya di negeri Gajah Putih ini.

Wat Rong Khun yang berada di Chiang Rai, bukanlah candi yang konvensional, melainkan mempunyai sentuhan kontemporer. Candi ini dirancang oleh Chalermchai Kositpipat yang konstruksinya dimulai pada 1997.

Pertama kali melihat, Anda pasti akan berpikir jika Wat Rong Khun merupakan candi yang luar biasa. Candi ini juga berbeda dari candi lainnya di Thailand, karena rancangan serba putihnya yang menyelimuti keseluruhan bangunan dengan beberapa penggunaan kaca.

Penggunaan warna putih untuk bagian luar permukaan candi mempunyai maksud tertentu. Warna putih diyakini melambangkan kesucian Budha sedangkan kaca putih melambangkan kebijaksanaan Buddha yang bersinar cerah di seluruh bumi dan alam semesta.

Berada di kompleks candi, Anda akan melewati sebuah jembatan yang merepresentasikan siklus kelahiran sampai kembali ke kediaman Buddha. Setengah lingkaran kecil yang ada sebelum jembatan dilambangkan sebagai dunia manusia sedangkan lingkaran besar dengan taring adalah mulut Rahu, sebuah representasi dari neraka atau penderitaan.

Sesampainya di ubosot (ruang pertemuan), Anda akan melihat lukisan yang kesemuanya memiliki nada emas. Keempat dinding, langit-langit dan lantai yang berisi lukisan menunjukkan pelarian diri dari godaan untuk mencapai keadaan supra-duniawi.

Pada bagian atap, Anda bisa melihat empat macam binatang yang mewakili bumi, air, angin dan api. Gajah melambangkan bumi, naga melambangkan air, sayap angsa melambangkan angin, dan surai singa melambangkan api.

Kisah dibalik candi menakjubkan ini dimulai pada 1997, ketika Chalermchai Kositpipat secara sukarela memberikan jasanya untuk melaksanakan pembangunan ubosot dengan biaya sendiri sebagai persembahan kepada sang Buddha.

Seiring waktu, ia kemudian mengubah rencananya ketika melihat Wat Rong Khun bisa berkembang menjadi sebuah situs terkemuka yang menarik bagi pengunjung lokal ataupun asing.

Saat ini, Wat Rong Khun masih dalam tahap penyelesaian. Ketika selesai, proyek pembangunan Wat Rong Khun akan terdiri dari sembilan bangunan, diantaranya ubosot, ruang berisi relik Budha, ruang berisi gambar Budha, aula khotbah, ruang kontemplasi, sel biarawan, facade pintu Buddhavasa, galeri seni, dan toilet.

Meskipun masih dalam tahap pembangunan, Anda bisa mengunjungi candi ini dengan tanpa dipungut biaya. Namun bila ingin menyumbang secara sukarela, Anda bisa melakukannya.(*/X-12)

Sumber : mediaindonesia.com
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Paket Tour Wisata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger