Home » » Menu Unik: Nasi Ketel Pembangkit Napsu

Menu Unik: Nasi Ketel Pembangkit Napsu

Home > Kabar Berita > Wisata > Menu Unik: Nasi Ketel Pembangkit Napsu

Muhammad Hasanudin
Nasi Ketel, sebuah kuliner unik yang mengandalkan cita rasa alami sekaligus melestarikan alat masak tradisional.

Menu Unik: Nasi Ketel Pembangkit Napsu

KOMPAS.com- Satu lagi menu kuliner unik yang ditawarkan Pulau Dewata Bali. Jika biasanya wisatawan ke Bali lebih banyak disuguhi kuliner khas Bali seperti ayam betutu, lawar hingga serombotan, sebuah kedai makan di Kuta, Bali mencoba memberi alternatif menu pilihan lain yang tetap mengedepankan cita rasa tradisional.

Kuliner yang kental dengan nuansa Jawa Barat ini dikenal dengan nasi ketel. Sesuai namanya, mulai dari proses memasak hingga penyajiannya menggunakan alat tradisional yang nyaris terlupakan tersebut.

Proses pembuatan nasi ketel cukup sederhana dan bagi anda ibu-ibu rumah tangga mungkin bisa mencobanya setelah membaca liputan ini.

Pertama-tama siapkan bumbunya mulai dari cabe merah besar, bawang putih, bawang merah, daun salam, serei, jahe, gula merah, garam dan gula secukupnya serta ikan pedak. Bumbu serta rempah-rempah tersebut kemudian dihaluskan lalu ditumis. Setelah matang, nasi putih kira-kira tiga centong dimasukkan ke dalam ketel.

Bumbu yang sudah ditumis dan campuran ikan pedak selanjutnya dicampur ke dalam nasi dan dibakar di atas kompor atau bara api selama 3 menit hingga bagian bawahnya berkerak. Untuk menambah wangi aromanya, masukkan juga daun kemangi secukupnya saat proses pembakaran.

Setelah matang, nasi ketel pun siap disajikan. “Baru pertama kali ini saya rasakan, beda, aroma keraknya masuk sama ikannya, di sini gak ada aroma penyedap,” ujar Muslich, warga Bali yang baru saja mencoba menu nasi ketel ini.

“Uniknya otomatis tempatnya, terus rasanya. Rasa keraknya membuat wangi dari nasinya,” imbuhnya.

Bagi pengelola warung, menu nasi ketel ini sengaja dipilih untuk tetap melestarikan peralatan masak tradisional yang kini sudah jarang digunakan oleh masyarakat. “Kebetulan dari konsep kita sendiri kita mengangkat yang lama-lama. Yang sudah antik-antik kita angkat kembali, “ jelas Laras Purhita, Pengelola kedai waroeng kita The Stones, Kuta. Harga seporsi nasi ketel ini cukup terjangkau.

Dengan Rp 35 ribu anda sudah bisa menikmati seporsi nasi ketel yang bisa disantap bersama 2 rekan anda. Jika anda penasaran dengan menu unik ini, anda dapat mencarinya di kedai waroeng kita, di The Stones, jalan raya pantai Kuta, banjar Legian Kelod,, Badung Bali.

Sumber : http://travel.kompas.com/
--------------------------------
Kami Travel Agent melayani Tiket Pesawat, Voucher Hotel, Paket Tour, Paket Umroh, Asuransi Perjalanan dan Dokument Travel.
--------------------------------
Untuk Informasi Penerbangan Domestik : Airasia, Batavia Air, Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, Mandala Air, Merpati Nusantara Airlines dan Sriwijaya Air. Hubungi Operator kami, klik Link ini untuk Konsultasi dengan Operator Kami.
--------------------------------
Cari Informasi Reservasi ( Klik Link ) Tiket Pesawat, Tiket Pesawat Termurah, Tiket Pesawat Online, Harga Tiket Pesawat, Booking Tiket Pesawat, Jadwal Penerbangan, Pemesanan Tiket, Pembelian Tiket, Rute Penerbangan, Tipe Pesawat, Bandara dan Maskapai Penerbangan.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Paket Tour Wisata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger