Home » » Pesona Kuil China di Amsterdam

Pesona Kuil China di Amsterdam

Home > Kabar Berita > Wisata Pesona Kuil China di Amsterdam

Kuil He Hua -- sacred-destinations.com

Pesona Kuil China di Amsterdam
Penulis : Rimbo Afred

JALAN-jalan ke negeri Belanda, tidak harus menyaksikan banyaknya kincir angin yang menjadi landmark negara itu. Bagi Anda yang ingin mengunjungi sebuah kuil China, bisa segera ke kawasan Kota China Zeedijk Amsterdam, karena disana terdapat Kuil He Hua.

He Hua merupakan kuil Budha terbesar di Eropa yang dibangun dengan gaya tradisional China. He Hua atau 'bunga teratai', ini melambangkan sebuah Buddha terkemuka yang tumbuh di atas kelopak pristinely yang belum mekar. Sedangkan Guang Shan adalah aliran sekte Buddha yang berada di candi itu sendiri.

Untuk masuk ke dalam kuil, para pengunjung harus melewati tiga buah gerbang yang tidak sama. Satu gerbang tradisional untuk para biarawan dan biarawati, satu pintu untuk umum dan satu gerbang lainnya bergambar tiga permata Buddha (Sang Buddha, ajaran Dharma dan komunitas biara Sangha.

Di dalam kuil He Hua terdapat ruang terbuka yang mencirikan pusat kuil Avalokitesvara (dewa wanita yang dikenal sebagai Kwan Yin dalam tradisi China). Di sini para pengunjung juga bisa membeli dupa atau sepotong buah yang ditawarkan di sekitar kuil.

Kuil lain yang mendedikasikan sejarah Sang Buddha adalah Sakyamuni. Di dekatnya juga terdapat dua pagoda yang diterangi dengan niche dan berisi ratusan patung Buddha kecil serta pengulangan gambar yang melambangkan sifat Buddha di mana-mana.

Ada pun Jade Buddha Shrine dan komplek Buddha lainnya di lantai bawah ruang utama. Ruang ini biasanya digunakan untuk meditasi, ruang pertemuan, ruang kelas, perpustakaan, ruang makan dan kamar tidur.

Biaya besar untuk membangun kuil mencapai 4,1 juta euro atau sekitar Rp4,95 triliun. Begitu selesai dibangun pada tahun 2000, Kuil He Hua langsung didekasikan oleh Ratu Beatrix dari Belanda.

Bagi wisatwan yang ingin berkunnjung tidak dipungut biaya sama sekali. Khusus untuk hari Sabtu, para wisatawan diperbolehkan berkunjung pada pukul 2, 3 dan 4 sore selama 30 menit tanpa harus membuat janji kepada pihak kuil.

Kuil He Hua atau Kuil Zeedijk adalah rumah peribadatan bagi umat Buddha China yang juga disebut sebagai Fo Guang Shan He Hua. (*/X-12)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Paket Tour Wisata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger