Home » » Wisata Sejarah di Denpasar

Wisata Sejarah di Denpasar

Home > Kabar Berita > Wisata Wisata Sejarah di Denpasar

Monumen Bajra Sandhi -- wisatamelayu.com

Wisata Sejarah di Denpasar

MENDENGAR Denpasar, Bali, Anda pasti membayangkan objek wisata pantai yang indah. Ini sudah berang tentu ada, namun sebaiknya Anda jangan melewatkan objek wisata yang satu ini, Monumen Bajra Sandhi.

Pada monumen yang berada di kawasan Renon, kota Denpasar ini, Anda bisa melihat napak tilas perjuangan bangsa khususnya masyarakat Bali dari masa ke masa yang terekam dengan sangat baik.

Monumen yang dibangun pada 1987 ini menggambarkan kehidupan masyarakat Bali sejak masa prasejarah hingga masa mempertahankan kemerdekaan (1950-1975). Bentuk-bentuk perjuangan tersebut diilustrasikan ke dalam 33 unit diorama.

Mengenai nama monumen (Bajra Sandhi), ini diambil dari bentuk monumen yang menyerupai lonceng (genta) yang biasa dipakai oleh para pedanda (penghulu agama di Bali) ketika memimpin doa. Sebagaimana penggunaannya untuk penanda doa, nama ini dipilih untuk mengingatkan warga Bali akan makna perjuangan pendahulunya.

Berada di lokasi monumen, Anda akan melihat 33 diorama yang disusun mengikuti kontur ruangan. Tiap bagian diorama berisi patung-patung lengkap dengan setting lingkungan alamiahnya.

Pada bagian awal, diorama menampilkan manusia purba pada zaman berburu dan meramu. Bagian selanjutnya, menggambarkan perkembangan masyarakat Bali dari masa kerajaan, masa penjajahan, masa revolusi fisik, hingga masa pascakemerdekaan. Di bagian akhir, Anda akan melihat proses pembangunan Univeritas Udayana.

Setelah melihat diorama, Anda dapat menaiki tangga untuk mencapai puncak monumen yang berbentuk lonceng. Dari puncak menara tersebut, Anda dapat melihat keindahan kota Denpasar dari ketinggian sekitar 45 meter. Bila waktunya tepat, Anda juga bisa menikmati sunset dari tempat ini.

Untuk menuju monumen Bajra Sandhi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau taksi. Namun bila hendak menggunakan angkutan umum, Anda bisa naik bemo jurusan Sanur-Teuku Umar.

Memasuki obyek wisata ini, Anda akan dikenakan biaya Rp3.000 untuk dewasa dan Rp2.500 untuk anak-anak. (wisatamelayu/*/X-12)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Paket Tour Wisata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger