Home » » Bakal Banyak Maskapai Penerbangan di Bandara Husein

Bakal Banyak Maskapai Penerbangan di Bandara Husein

Home > Tiket Pesawat > Berita Penerbangan > Bakal Banyak Maskapai Penerbangan di Bandara Husein

MI/Rommy Pujianto/ip

BANDUNG, (PRLM).- Seiring overlay landasan pacu yang bakal rampung pada Mei mendatang, General Manager Bandara Husein Sastranegara PT Angkasa Pura II (Persero) Eko Diantoro, memperkirakan akan makin banyak maskapai penerbangan yang akan mendarat dan lepas landas di Bandara Husein. Beberapa yang sudah mengajukan ialah maskapai Firefly dengan rute Bandung - Johor Baru (PP). "Penerbangan seminggu tiga kali. Namun belum fix kapan waktunya. Garuda Indonesia pun rencananya akan membuka penerbangan lagi di sini," katanya, Minggu (3/4) petang.

Dalam kesempatan yang sama, Dirut Air Asia Indonesia Dharmadi menuturkan, Air Asia sudah mulai menggunakan pesawat Airbus A320 yang dimilikinya. Pesawat berkapasitas 180 orang itu akan mendarat di Bandara Husein Sastranegara pada 15 April mendatang. "Kami berharap, pada tanggal 15 April itu, bandara Husein sudah siap dilandasi Airbus kami," katanya.

Penambahan pesawat itu untuk memenuhi penambahan jadual jam terbang dari Bandara Husein seperti penerbangan Bandung-Kualalumpur yang menjadi 3 kali dalam sehari, Bandung - Singapura 2 kali dalam sehari. "Potensi rute-rute itu sangat besar karena itu jam penerbangan ditambah. Baik yang dari Malaysia atau Singapura ke sini, atau sebaliknya. Selain itu, ada potensi lainnya yaitu dari Brunei dan Penang. Namun perlu ada penambahan fasilitas-fasilitas lainnya di terminal," ujarnya.

Danlanud Husein Sastranegara Kol. (Pnb) Asep Adang mengatakan, dengan penambahan jadual penerbangan, maka unsur pengamanan pun mesti ditingkatkan. Untuk itu, Danlanud sejak jauh hari telah menyiapkan anggota tambahan untuk mendukung hal itu. "Ini akan menjadi contoh untuk lanud-lanud lain di Indonesia yang juga melayani penerbangan sipil. Soalnya, dengan demikian, akan berefek pada pembangunan perekonomian bersama," ujarnya.

Sementara itu, Heryawan sangat menyambut baik dengan adanya overlay bandara Husein. Penebalan itu akan berefek pada penambahan maskapai penerbangan, rute dan jadual penerbangan. Salah satunya yang dilakukan Air Asia. "Tentunya akan menarik minat maskapai penerbangan lain. Artinya, akan mengundang arus wisatawan dan meningkatkan perekonomian. Karena itu, Bandung dan Jabar harus siap menata diri menjadi daerah tujuan wisata yang lebih baik," ujarnya.

Terkait penambahan rute penerbangan dari dan ke Malaysia itu, Heryawan tidak menampik jika nantinya Bandung dijadikan pintu masuk keberangkatan TKI ke Malaysia. "Namun kami sudah mengantisipasinya dan berkoordinasi dengan BNP2TKI sejak lama. BNP2TKI hanya akan meluluskan TKI yang paspor untuk calon TKI yang tercatat di kabupaten, kota dan provinsi. Jika tidak, tentunya tidak bisa diloloskan," katanya. (A-128/das)***

Berita Asal Baca di :
http://www.pikiran-rakyat.com/node/140381
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Paket Tour Wisata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger