Home » » Mengasingkan Diri di Sebuah Ashram India

Mengasingkan Diri di Sebuah Ashram India

Home > Kabar Berita > Wisata Mengasingkan Diri di Sebuah Ashram India

Atraksi Yoga -- anandprakashashram.com

Mengasingkan Diri di Sebuah Ashram India

CAHAYA fajar belum bangkit dari balik kaki bukit Himalaya ketika suara gong mulai menggema melalui koridor Anand Prakash Yoga Ashram di Rishikesh, India. Ini adalah penggambaran awal dari petualangan jiwa di sebuah ashram, seperti dikutip dari tripatlas.com.

Sinar matahari yang berwarna kuning keemasan perlahan-lahan naik, tidak menyengat, seolah melukiskan kebaikan dewa. Perasaan hormat suci terhadap matahari di tempat ini sudah dimulai sejak fajar dalam nyanyian lonceng dan lagu Sungai Gangga.

Selain Anand Prakash Yoga Ashram, ada juga Aurovalley Ashram yang berada di pinggiran Haridwar. Ashram tersebut dikelilingi taman yang asri dan Anda harus bangun sendiri setiap pukul 6.00 waktu setempat untuk meditasi di aula, berdiam diri di atas marmer putih.

Berbeda dengan Anand Prakash Yoga Ashram, di Aurovalley, meditasi Anda akan larut dalam suara burung, angin di pepohonan dan pemandangan tropis dari bunga yang bermekaran.

Ashram sendiri merupakan tempat untuk pengasingan rohani. Ini tidak dimaksudkan sebagai pelarian dari kehidupan, namun istirahat dari hal-hal duniawi. Ashram menawarkan sebuah tempat bagi pencari spiritual, dimana dapat menghabiskan waktu hanya berkonsentrasi pada aspek spiritual kehidupan.

Setiap orang mempunyai aspek spiritual yang berbeda dari kehidupan. Tapi satu hal yang bisa disepakati adalah ketenangan. Di tempat ini, Anda bisa meluangkan waktu untuk merefleksikan batin, dan berpikir tentang pertanyaan besar di dalam kehidupan Anda.

Banyak ashram biasanya mengharapkan Anda untuk mengikuti agamanya, namun itu tergantung pada apakah ashram sebagai tempat untuk orang India atau mahasiswa asing. Untuk yang warga India cenderung ketat.

Anand Prakash (anandprakashashram.com) dimiliki dan dijalankan oleh Yogi Vishvketu (Vishva), seorang guru yoga India dan istrinya Chetana Panwar, dari Toronto. Ashram mereka biasanya penuh dengan mahasiswa barat.

Sedangkan di Ashram Aurovalley (aurovalley.com) yang dimiliki dan dijalankan oleh Swami Brahmdev (Swamiji), mengikuti ajaran-ajaran Sri Aurobindo. Ashram ini menarik bagi warga India dan asing. Untuk orang asing, kebanyakan mereka berasal dari Kolombia atau Rusia.

Sorot dari jadwal Anand Prakash adalah kelas yoga yang dimulai pukul 6.00 waktu setempat. Yoga ini dilakukan di sebuah aula yang memiliki jendela besar yang membangkitkan rasa hormat ketika matahari datang dari belakang kaki bukit Himalaya.

Sementara di Aurovalley, Anda akan mencintai ketenangan mendalam dari ruang meditasi yang melingkar. Namun ada hal menarik lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu ‘pencarian kebenaran’ yang dimulai pukul 11.30-13.00 waktu setempat. Ini adalah metode waktu yang dihormati untuk pengajaran spiritual di India.

Semua yang dilakukan di ashram penuh dengan kesederhanaan. Makanan vegetarian selalu disajikan di ruang makan. Makanan sederhana dan sehat bisa mengisi dan memuaskan perut Anda.

Sarapan seringkali menyajikan jenis roti gandum, paratha, naan, buah, dal (lentil), ditambah teh. Makan siang biasanya nasi dan dal, plus salad atau buah, bisa juga dessert India seperti burfi.

Mengenai akomodasi, hal ini tergantung pada ashram yang Anda datangi. Di beberapa ashram, kebanyakan orang tidur di asrama dan berbagi kamar mandi. Namun bila tersedia, Anda dapat memiliki kamar pribadi yang memiliki kamar mandi sendiri.

Kamar yang ditawarkan sangat sederhana, tetapi mereka memiliki semua yang anda butuhkan kecuali TV, telepon, dan AC. Kesederhanaan membantu untuk menjernihkan pikiran Anda.

Aturan sederhana di ashram ialah tidak ada daging, alkohol, obat-obatan, rokok, dan pengunjung asing di dalam kamar. Beberapa juga menetapkan tidak ada seks, bahkan dengan pasangan Anda. Sebelumnya, pengalaman yoga atau meditasi biasanya tidak diperlukan, yang paling penting adalah ketulusan.

Bila hendak mengunjungi ashram, ada baiknya membawa perlengkapan minimal yang mencakup semua perlengkapan mandi yang Anda butuhkan, lampu senter, handuk, syal atau sweter (udara bisa dingin pada malam hari), pakaian longgar, sandal jepit, tabir surya, obat nyamuk, topi, syal panjang dan minyak untuk kulit kering, buku, alat tulis.

Ashram memang tidak selalu cocok untuk semua orang, namun bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana rasa tinggal di sana bisa mulai mengunjungi situsnya.(*/X-12)

Sumber : mediaindonesia.com
--------------------------------------
Kami Travel Agent melayani Tiket Pesawat, Voucher Hotel, Paket Tour, Paket Umroh, Asuransi Perjalanan dan Dokument Travel.
--------------------------------------
Untuk Informasi Penerbangan Domestik : Airasia, Batavia Air, Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, Mandala Air, Merpati Nusantara Airlines dan Sriwijaya Air. Hubungi Operator kami, klik Link ini untuk Konsultasi dengan Operator Kami.
--------------------------------------
Cari Informasi Reservasi ( Klik Link ) Tiket Pesawat, Tiket Pesawat Termurah, Tiket Pesawat Online, Harga Tiket Pesawat, Booking Tiket Pesawat, Jadwal Penerbangan, Pemesanan Tiket, Pembelian Tiket, Rute Penerbangan, Tipe Pesawat, Bandara dan Maskapai Penerbangan.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Paket Tour Wisata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger