Home » » AirAsia Tertarik Rekrut Pilot Mandala

AirAsia Tertarik Rekrut Pilot Mandala

Home > Kabar Berita Penerbangan > AirAsia Tertarik Rekrut Pilot Mandala
TEMPO Interaktif, Jakarta - Sampai saat ini, maskapai penerbangan Indonesia AirAsia belum berminat mengambil rute yang sebelumnya diterbangi Mandala Airlines. "Kami tidak akan mengambil alih rute yang ditinggalkan Mandala," kata Manajer Komunikasi AirAsia Audrey Progastama ketika dihubungi Tempo kemarin 16/1).

Dia mengatakan, AirAsia tidak berminat karena rute yang ditawarkan atau pangsa pasar Mandala berbeda dengan yang dimiliki perusahaannya.

Mandala Airlines memutuskan untuk menghentikan operasinya pada Kamis (13/1) lalu. Dengan ditutupnya penerbangan Mandala, otomatis rute penerbangan Mandala kosong. Maskapai lain pun dapat mengambil alih rute tersebut. Mandala memiliki 16 rute penerbangan domestik dan empat rute penerbangan internasional.

Sebagai informasi, Indonesia AirAsia saat ini memiliki 180 pilot, 270 awak kabin, dan tim engineering yang terdiri dari 228 staf.

Meski tidak tertarik mengambil alih rute Mandala, menurut Audrey, AirAsia malah tertarik untuk memberdayakan pilot, awak kabin, serta teknisi Mandala. Sebab, dia mengatakan, beberapa pesawat yang dioperasikan oleh Mandala sama seperti yang dimiliki AirAsia.
"Mandala juga mengoperasikan pesawat Airbus A320. Sama seperti kami," ujar dia. Sehingga, tambah Audrey, kualifikasi sumber daya manusia yang dibutuhkan AirAsia serupa dengan Mandala Airlines.

Mengenai berapa jumlah SDM yang dibutuhkan AirAsia dari Mandala, Audrey belum bisa memastikan hal tersebut. Namun, AirAsia akan selalu membutuhkan tenaga kerja baru seiring dengan rencana ekspansi AirAsia.

"Ke depannya, kami akan lebih agresif," katanya. Dia menjelaskan, perusahaan membuka peluang bagi siapapun yang ingin bergabung sepanjang dapat memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan.

Terkait ekspansi yang akan dilakukan AirAsia, Audrey mengatakan AirAsia menargetkan bakal go public atau melakukan penjualan perdana saham umum (Initial Public Offering/IPO) pada tahun ini.

Selain itu, kata Audrey, Indonesia AirAsia akan membuka sejumlah rute baru. "Saat ini kami sedang mengkaji rute-rute potensial tersebut," katanya. Setelah kajian selesai, tambahnya, pihaknya pun bakal memberikan informasi lebih lanjut kepada publik.


Sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/bisnis/2011/01/17/brk,20110117-306705,id.html

--------------------------------
--------------------------------
--------------------------------
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Paket Tour Wisata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger