Home » » Kisah Japan Airlines Bangkit dari Bangkrut

Kisah Japan Airlines Bangkit dari Bangkrut

Home > Tiket Pesawat > Berita Penerbangan > Kisah Japan Airlines Bangkit dari Bangkrut

VIVAnews - Maskapai Mandala Air mendadak mengumumkan berhenti operasi sementara selama 45 hari. Pengumuman ini cukup mengejutkan karena Mandala selama ini dikenal beroperasi dengan baik dan menjadi satu-satunya maskapai swasta yang mendapatkan sertifikasi keselamatan dari Asosiasi Perusahaan Penerbangan Internasional (IATA).

Direktur Utama Mandala Diono Nurjadin mengaku maskapai yang dipimpinnya mengalami kerugian bisnis, dan kesulitan keuangan. Mandala pun mengajukan permohonan penundaan pembayaran utang (PKPU) ke Pengadilan Niaga, Jakarta Pusat.

Dengan permohonan itu, Mandala berharap memiliki waktu untuk merestrukturisasi keuangan perusahaan, sekaligus memberi ruang bagi investor baru masuk menyuntikan dana ke maskapai berusia 42 tahun tersebut. Maskapai itu juga mengembalikan lima pesawat Airbus yang disewa dari Indigo, perusahaan pemilik pesawat yang sekaligus menjadi pemegang 49 persen saham Mandala.

Limbungnya perusahaan penerbangan tak hanya dialami oleh Mandala. Maskapai terbesar Indonesia, Garuda Indonesia juga harus terseok-seok karena beban utang yang besar sebelum akhirnya memiliki kinerja positif seperti sekarang. Maskapai besar dunia, seperti Jepang Airlines (JAL) juga mengalami kebangkrutan pada awal tahun lalu. Bahkan limbungnya JAL merupakan kebangkrutan terbesar di Jepang.

JAL Tak kuasa menanggung beban utang korporat sekitar US$25,6 miliar. JAL mengajukan perlindungan pailit kepada Pengadilan Distrik di Tokyo. Maskapai itu juga dibebani dengan pembayaran gaji dan pensiun yang terus membengkak dan rute domestik nirlaba yang secara politis wajib dipertahankan.

JAL resmi mengajukan perlindungan pailit 19 Januari 2010. Maskapai itu harus mengalami perombakan besar-besaran agar keuangannya bisa sehat kembali dan tidak sampai dilikuidasi.

Sumber:
http://bandarudara.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=20&artid=2726
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Paket Tour Wisata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger