Home » » Kilauan Perak dari Kabupaten Agam

Kilauan Perak dari Kabupaten Agam

Home > Kabar Berita > Wisata > Kilauan Perak dari Kabupaten Agam

wisatamelayu.com

Kilauan Perak dari Kabupaten Agam

KERAJINAN perak tidak saja identik dengan Kota Gede. Bila berkunjung ke Provinsi Sumatra Barat, Anda juga bisa menemukan perhiasan perak yang indah. Untuk mendapatkannya, Anda tinggal menuju Koto Gadang di Kebupaten Agam.

Koto Gadang terkenal dengan pusat kerajinan perak dan songket Minang. Bahkan sejak masa penjajahan Belanda, kerajinan perak dan songket Koto Gadang sudah berkembang dengan pesat. Ketika itu, hasil kerajinan Koto Gadang sering di beli oleh istri para pejabat Belanda yang bertugas di Bukitinggi.

Sejak 1911 kerajinan perak dan songket Koto Gadang telah memiliki brand image yang dikenal di dunia, dan selalu menjadi incaran wisatawan mancanegara yang berkunjung ke kota ini.

Motif kerajinan perak Koto Gadang dibuat dalam berbagai bentuk seperti perhiasan, aneka macam aksesori pakaian, aneka pajangan hingga miniatur rumah adat tradisional Minang. Ciri perak Koto Gadang ialah memiliki motif halus, dan warnanya tidak mengkilat dengan kesan seperti doff dalam nuansa putih susu yang elegan.

Karena ringan dan elok, perhiasan perak Koto Gadang sangat cocok bila dipadukan dengan songket yang indah dan halus. Saat ini, peminat hasil kerajinan Kota Gadang juga tidak hanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia, tetapi juga dari luar negeri.

Salah satu perhiasan atau kain songket di Koto Gadang nampaknya bisa menjadi oleh-oleh atau penambah koleksi Anda. Bila berminat, untuk mencapai lokasinya, Anda dapat menggunakan jalur darat.

Dari kota Padang ke Bukittinggi, perjalanan dapat ditempuh sekitar 2 jam menggunakan angkutan umum dengan ongkos sekitar Rp.15.000-Rp 20.000 per orang (Februari 2008). Setelah sampai di kota Bukittinggi, perjalanan dilanjutkan menggunakan angkutan pedesaan ke Kenagarian Koto Gadang yang berjarak sekitar 10 kilometer.

Untuk mengantisipasi supaya tidak berganti-ganti mobil, Anda dianjurkan untuk menggunakan jasa travel, mobil pribadi atau mobil sewaan yang bisa langsung menuju lokasi objek wisata. (wisatamelayu/*/X-12)

Sumber : mediaindonesia.com
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Paket Tour Wisata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger