Home » , » Tak Gubris Merpati, Garuda Terus Terbangkan Citilink

Tak Gubris Merpati, Garuda Terus Terbangkan Citilink

Home > Tiket Pesawat > Domestic > Garuda Indonesia > Tak Gubris Merpati, Garuda Terus Terbangkan Citilink

TEMPO/FULLY SYAFI

Jakarta - PT Garuda Indonesia Tbk tidak peduli dengan keluhan 'saudaranya' PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) karena pangsa pasar mereka diambil Citilink, yang merupakan sub brand Garuda. Ia mengimbau para maskapai penerbangan lain untuk fokus pada bisnis masing-masing.

"Sebaiknya konsentrasi kepada bisnis masing-masing. Banyak upaya yang kita akan lakukan di tahun ini untuk mengembangan Citilink," jelasnya dalam jumpa pers di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Kamis (31/3/2011).

Meskipun Citilink tidak memiliki air operator certificate (AOC), dan masih bernaung dalam maskapai Garuda Indonesia, namun Emir berencana menambah 19 pesawat tahun ini khusus pengembangan rute kelas Low Cost Carrier (LCC).

"Citilink belum besar, tapi menikmati segmen LCC," tegasnya.

Kini jumlah armada Citilink yang dioperasikan Garuda sebanyak 6 unit, dari total 10 unit. Sisanya, masih belum beroperasi karena tahap perawatan. Keberadaan Citilink sendiri merupakan strategi perseroan dalam memanfaatkan peluang pada pasar LCC.

"LCC kita akan perbaharui, dari 150 sheet menjadi 180 sheet. Pada bulan April kita akan tender," ucap Emir.

Sebelumnya Direktur Utama Merpati Sardjono Jhony Tjitrokusumo menegaskan, sebaiknya Citilink ditiadakan saja. Alasannya, Citilink, merupakan pesawat terbang untuk penumpang kelas menengah bawah milik Garuda. Citilink bukan merupakan maskapai penerbangan, karena tidak memiliki air operator certificate (AOC)

"Sekarang ngapainlah udah ada Merpati. Kenapa Merpati diunyeng-unyeng (diganggu), toh juga sama-sama punya pemerintah. Uangnya juga nanti diserahkan kepada pemerintah," jelasnya.

Emir justru ingin menagih utang Merpati kepada GIAA yang belum dibayar. "Merpati malah utang ke kita Rp 300 miliar. Kita sudah minta untuk segera dibayar. Mungkin ada mekanisme debt restructuring," imbuh Emir.

Berita Asal Baca di Sumber
http://www.detikfinance.com/read/2011/03/31/140133/1605680/4/tak-gubris-merpati-garuda-terus-terbangkan-citilink
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Paket Tour Wisata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger