Home » , » Air Asia buka dua rute baru

Air Asia buka dua rute baru

Home > Tiket Pesawat > Domestic > Airasia > Air Asia buka dua rute baru

Air Asia buka dua rute baru

KOMPAS IMAGES/I MADE ASDHIANA Pesawat AirAsia di Bandara Soekarno-Hatta.

SINGAPURA: Maskapai Indonesia Air Asia (IAA) akan membuka rute penerbangan langsung Singapura-Medan dan Surabaya-Medan untuk mengoptimalkan potensi pasar penerbangan internasional menyusul tingginya kebutuhan transportasi dikedua wilayah itu.

Direktur Utama IAA Dharmadi mengatakan penambahan rute tersebut didorong oleh tingginya kebutuhan transportasi khususnya jalur penerbangan di kedua wilayah itu sangat tinggi, selain itu juga untuk mengoptimalkan pasar internasional mengingat selama ini tujuan penerbangan langsung dari Indonesia masih di dominasi oleh Singapura dan Malaysia.

Dia mengatakan pembukaan rute tersebut akan dilakukan sekitar pertengahan tahun ini. Sebelumnya maskapai penerbangan milik Malaysia tersebut menambah rute penerbangan ke Bali dan Medan dari Jakarta dan Bandung.

“Kami akan membuka jalur penerbangan Singapura-Medan dan Surabaya-Medan untuk melengkapi rute penerbangan langsung yang telah dioparasionalkan sebelumnya, pembukaan rute baru itu untuk mengoptimalkan pasar internasional,” katanya kepada Bisnis, di sela peluncuran kerjasama Air Asia dengan Expedia di Singapura, (Selasa 29/2).

Dia menuturkan bisnis penerbangan ada tahun ini diperkirakan tumbuh positif menyusul tingginya kebutuhan dan pengingkatan kegiatan masyarakat yang didorong oleh pertumbuhan perekonomian di sejumlah negara-negara di Asia. Selain itu, dengan bergabungnya kedua perusahaan besar antara maskapai penerbangan dan agen perjalanan tersebut pihaknya optimistis dapat memperkuat kedua perusahaan tersebut.

“Expedia adalah perusahaan agen perjalanan yang besar yang memiliki jaringan dan mitra bisnis terkait seperti perhotelan dan rental mobil di seluruh dunia,” ujarnya.

Dharmadi menjelaskan perusahaan tetap akan memfokuskan penggarapan pasar internasional untuk tujuan penerbangan yang didukung oleh Air Asia X, yang merupakan afiliasi jarak jauh dari AirAsia dan Richard Branson's Virgin Group. Air Asia X melayani penerbangan ke 14 tujuan - London, Taipei, Teheran, Paris, Seoul, Tokyo, Cina (Tianjin, Hangzhou, Chengdu), Australia (Gold Coast, Melbourne, Perth) dan India (Mumbai, Delhi).

Sementara itu, terkait kenaikan harga minyak dunia yang terus meningkat, pihaknya masih akan bertahan pada posisi tariff saat ini, hingga memang perlu dilakukan langkah-langkah perubahan jika harga minyak dunia tembus US$150 per barel. CEO Grup AirAsia Dato' Sri Tony Fernandes mengatakan perusahaan masih akan melakukan efisiensi dan menggenjot penambahan volume penumpang dan kenaikan fuel surcharge.

“Kenaikan harga tiket adalah langkah terakhir diambil,namun kami masih akan berupaya penuh sebelum melakukannya," katanya. Sementara itu terkait rencana perusahaan untuk melakukan IPO [initial public offering/penawaran saham perdana ke publik], pada kuartal IV tahun ini, Dharmadi menjelaskan masih dalam proses due diligent. Seperti diketahui, IAA menargetkan penggalangan dana dari pelepasan saham perdana hingga US$200 juta untuk membeli pesawat baru, modal jangka panjang, modal kerja, dan memberi kesempatan bagi karyawan untuk memiliki saham. Dharmadi mengatakan hingga 2015 IAA membutuhkan sebanyak 16 unit pesawat baru sehingga pada tahun itu total perusahaan akan mengoperasikan 30 unit pesawat.(msb)

Berita Asal Baca di Sumber
http://www.bisnis.com/infrastruktur/transportasi/18362-air-asia-buka-dua-rute-baru
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Paket Tour Wisata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger