Home » , » Menjajal Negeri Bawah Angin

Menjajal Negeri Bawah Angin

Home > Kabar Berita > Wisata > Alam > Pantai > Menjajal Negeri Bawah Angin


Menjajal Negeri Bawah Angin

Jika dikelola secara profesional, Pulau Manukan menjanjikan wisata laut yang bervariasi.
Kapal motor putih sepanjang sekitar 10 meter berkapasitas 15 orang itu melaju deras meretas riak-riak kecil laut selepas beringsut dari dermaga hotel bintang lima Pacific Sutera di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia. Diawaki dua orang, salah satunya bertindak sebagai asisten melepas tambang di dermaga, kapal dari serat kaca itu bergerak cepat sekali menuju Pulau Manukan, awal Mei lalu.

Saking cepatnya, berkali-kali perahu mengentak permukaan laut. Para penumpang, yang mengenakan jaket penyelamat sejak naik kapal, duduk berpegangan erat ke kursi atau sisi kapal. Angin segar laut kencang menerpa. Teriakan-teriakan kaget, kadang ngasal, keluar saat benturan perahu ke laut dirasakan terlalu keras. Toh, ini tak membuat penumpangnya--semua dari Tanah Air dan kebanyakan baru pertama kali menjejak daerah di kepala Pulau Kalimantan itu--surut nyali untuk bergaya.

Salah seorang yang duduk paling depan didapuk menjadi fotografer dadakan. Berbekal kamera digital saku, sambil tangan kirinya berpegangan pada rangka besi atap perahu, si juru potret ini pun memulai aksinya. Jepret demi jepret berlanjut, lalu kamera pun bertukar. Seorang lainnya ketiban pulung bergantian mengambil gambar. Para turis jiran ini asyik berpose sesukanya, tapi tetap di tempat duduk masing-masing karena perahu berguncang keras berkali-kali.

Sang nakhoda kapal, seorang pria paruh baya, dan asistennya yang menjejak usia remaja cuma tersenyum lebar melihat aksi orang-orang Jakarta ini. Sekitar 15 menit perahu ngebut, terkadang saling balap dengan perahu pelancong lainnya.

Matahari baru sepenggalahan naik, langit biru cerah, dan bayangan pulau di depan yang hijau ditumbuhi pepohonan terasa menyejukkan mata. Makin lama bayangannya semakin membesar saja.

Pulau Manukan termasuk satu dari rangkaian lima pulau di Taman Nasional Tunku Abdul Rahman, yang terentang seluas sekitar 5.000 hektare. Nama taman nasional ini diambil dari nama bapak kemerdekaan negara itu, Abdul Rahman. Tunku adalah gelar kerajaan tertinggi. Abdul Rahman tercatat sebagai perdana menteri pertama Negeri Sawit itu, termasuk setelah Sabah dan Sarawak bergabung membentuk negara Malaysia.

Sabah sendiri dikenal dengan julukan "Negeri Bawah Angin", karena letaknya di kepala Pulau Kalimantan berada di luar jalur angin topan. Ini membuat negeri yang kaya dengan beragam keindahan alamnya itu nyaman dari gangguan perubahan cuaca yang drastis.

Pulau lainnya di sini adalah Gaya, Mamutik, Sapi, dan Sulug. Manukan, yang berbentuk seperti bumerang ini, merupakan pulau kedua terbesar setelah Gaya, dengan luas 20,64 hektare dan panjang sekitar 1,5 kilometer. Fasilitasnya terbilang paling lengkap di antara pulau-pulau yang lain, termasuk berbagai sarana rekreasi wisata alam...

Berita Selengkapnya Baca di :
http://www.brothers-g.com/
Link Artikel :
http://www.brothers-g.com/2010/09/menjajal-negeri-bawah-angin.html
--------------------------------------
Kami Travel Agent melayani Tiket Pesawat, Voucher Hotel, Paket Tour, Paket Umroh, Asuransi Perjalanan dan Dokument Travel.
--------------------------------------
Untuk Informasi Penerbangan Domestik : Airasia, Batavia Air, Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, Mandala Air, Merpati Nusantara Airlines dan Sriwijaya Air. Hubungi Operator kami, klik Link ini untuk Konsultasi dengan Operator Kami.
--------------------------------------
Cari Informasi Reservasi ( Klik Link ) Tiket Pesawat, Tiket Pesawat Termurah, Tiket Pesawat Online, Harga Tiket Pesawat, Booking Tiket Pesawat, Jadwal Penerbangan, Pemesanan Tiket, Pembelian Tiket, Rute Penerbangan, Tipe Pesawat, Bandara dan Maskapai Penerbangan.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Paket Tour Wisata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger